LETS GO GREEN!




Ini tulisan sebenarnya klise sih, tentang ajakan untuk go green. Pasti udah sering baca dung ya, J
Tapi walaupun udah sering baca kalau nggak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari ya sama aja. Itu sebabnya walaupun ide tulisan tentang go green ini terdengar klise, aq tetep nulisnya. Buat mengingatkan guys ^_-
Oya, tulisan ini dimuat di Analisa 28 April 2013.
*
Go green! Apa yang terbersit di pikiran kalian saat terlintas kata go green? Hemat energi? Mengurangi penggunaan kantong plastik? Menggunakan produk daur ulang? Atau memanam pohon di pekarangan rumah? Ya, secara bebas go green dapat diartikan sebagai gaya hidup yang mempedulikan lingkungan.
Beberapa tahun belakangan ini, konsep go green banyak didengungkan berbagai kalangan. Hal ini bukan tanpa alasan. Lingkungan (yang dalam konsep ini adalah bumi) tempat kita hidup, kini kian menampakkan tanda-tanda kerusakannya. Cuaca ekstrim, bencana alam dimana-mana adalah bukti nyata, alam kian renta.
Seperti halnya siklus hidup manusia yang mengalami fase lahir, tumbuh menjadi dewasa dan kemudian tua lalu akhirnya meninggal, bumi juga memiliki siklus hidupnya sendiri. Tanpa campur tangan manusia pun bumi akan tetap menua dan memiliki kemungkinan untuk rusak. Namun dalam kenyataannya, perilaku manusia justru menyebabkan kerusakan tersebut datang lebih awal. Bumi mengalami kerusakan dini, dan ini lebih mengerikan dibanding isu penuaan dini di kalangan perempuan.
Sebagai warga bumi, kita memiliki tanggung jawab untuk mencegah kerusakan tersebut. Bukan hanya kerena kita memiliki andil besar dalam kerusakan yang dialami bumi, tetapi juga karena bumi adalah tempat kita hidup. Selain itu, juga karena kita adalah generasi muda, generasi yang diharapkan dapat berbuat lebih baik dan lebih bijak dari generasi sebelumnya.
Seringkali kita merasa sudah menajadi warga bumi yang peduli. Tak jarang kita pun ikut menghibau orang-orang di sekeliling kita untuk menerapkan konsep go green. Namun banyak dari kita yang sebenarnya tidak begitu paham dengan konsep go green itu sendiri. Banyak dari kita yang – baik disadari atau tidak – memiliki kebiasaan yang justru semakin memicu kerusakan bumi. Berikut ini beberapa kebiasaan kita yang merusak bumi :
1.      Menggunakan handphone lebih dari satu. Memiliki handphone lebih dari satu bukanlah hal aneh pada saat ini. Sering kita jumpai orang yang memiliki dua, tiga bahkan empaT handphone sekaligus. Meski saat ini banyak jenis handphone dengan dua kartu, tetap saja konsumsi orang akan handphone makin meningkat. Kaum muda, tua, anak-anak, orang kota, orang desa, semua menggunakan handphone. Selain pemborosan uang (untuk membeli pulsa beberapa kartu sekaligus), radiasi yang dapat menimbulkan masalah kesehatan, penggunaan handphone juga meningkatkan pemborosan energi.
2.      Bepergian menggunakan kendaraan pribadi. Mungkin kita berpikir bahwa kendaraan tersebut adalah kendaraan milik pribadi hingga terserah kita akan kita gunakan kemana saja. Atau kita berpikir bahwa kita sanggup membeli BBM seberapapun harganya. Ini pemikiran yang keliru, sebab seberapapun uang kita tak akan berguna jika barang yang hendak kita beli tidak ada. Jika persediaan BBM habis, uang kita tak akan lagi berharga. Biasakanlah memaksimalkan penggunaan kendaraan pribadi. Jika memungkinkan untuk nebeng/numpang ke teman, kenapa tidak. Selain hemat energy, juga hemat biaya.
3.      Terlalu mengikuti tren. Memiliki handphone lebih dari satu, tren. Menggunakan kendaraan pribadi, juga tren-tren lain, disadari atau tidak adalah salah satu kebiasaan yang tidak baik untuk kelangsungan bumi.
Segala tindakan apapun bentuknya, selagi didasari niat dan tujuan untuk kebaikan bersama, sangatlah pantas untuk diapresiasi. Bumi kian tua. Saatnya yang muda yang bertindak nyata, untuk bumi kita bersama. Let’s go green!

Share on Google Plus

About nebula

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar

komentar yg membangun yach..

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com