ASIKNYA BERKOMUNITAS




Kalau tulisan yang ini dimuat hari Minggu kemarin di Analisa, 04 November 2012, yang lagi cari komunitas di kota Medan, bisa liat tulisanku kali ini ^_-

Genk motor merajalela. Komunitas remaja pengendara motor ini  ternyata berkembang tidak hanya di kota Medan, tetapi juga di kota-kota lain di Indonesia. Remaja yang seharusnya pulas tidur di rumah pada waktu-waktu tengah malam, kini malah berada di jalanan. Merusak sarana umum dan bertindak anarkis pada pengendara lain. Sungguh ini merupakan gelagat tidak baik bagi kemajuan Negara. Bukan hanya karena perilaku mereka mengancam dan merusak sistem keamanan. Tetapi juga karena sebagian besar anggotanya adalah kaum muda/remaja.
Bergabung dengan sebuah komunitas bukanlah hal yang salah, selagi kegiatan di komunitas tersebut masih berada dalam koridor positif.  Namun saat ini, kaum remaja justru lebih senang bergabung dengan komunitas yang tidak jelas tujuannya. Sungguh sangat disayangkan. Padahal, di Medan sendiri banyak komunitas yang bagus untuk diikuti, tidak hanya sebagai ajang berkreasi, tetapi juga belajar bersosialisasi dengan orang-orang baru. Berikut beberapa komunitas yang penulis ketahui.
1.       Koper Indie. Koper Indie adalah kepanjangan dari Komunitas Perempuan Indie. Tidak seperti komunitas lain yang identik dengan kesamaan hobi, Koper Indie berdiri atas dasar kebebasan berekspresi dan berpikir. Koper Indie menampung segala jenis ide dan kreatifitas anggotanya, dengan catatan tidak menyalahi aturan dan bernilai positif. Anggota dari komunitas ini memang wajib perempuan, namun kegiatan yang mereka lakukan tak melulu ditujukan ke perempuan. Mereka justru lebih sering berkegiatan dengan sasaran umum. Seperti : Bakti Sosial, Belajar berwirausaha, EO, menulis buku, jalan-jalan dll.
Fb : Koper Indie
Grup FB : Koper Indie (Komunitas Perempuan Indie)^^
Twitter : @KoperIndie
2.       Backpacker Medan. Dari namanya sudah jelas kalau komunitas ini adalah kumpulan dari orang-orang yang suka jalan-jalan dengan biaya murah. Komunitas yang berdiri pada April 2011 ini bisa menjadi guide center  bagi backpacker di luar Medan/Sumut yang hendak backpackeran ke Sumut. Di komunitas ini kita bisa berbagi informasi tentang segala hal yang berhubungan dengan jalan-jalan. Kegiatan mereka juga tak hanya sebatas jalan-jalan bareng, mereka punya cita-cita yang patut diacungin jempol lho : menunjukkan pada dunia, bahwa alam Sumut sangat indah dan layak dijadikan tujuan wisata. Kegiatannya juga beragam, beberapa kegiatan yang pernah mereka lakukan : bakti sosial, backpacker medan road to campus, pameran fotographi bertema pariwisata, bersih-bersih Sinabung dll.
Grup FB : Backpacker Medan
Twitter : @backpackermedan
3.       Sheilagank Sumut
Komunitas ini adalah kumpulan penggemar beratnya Sheila On7. Menjadi wahana berkomunikasi antar penggemar S07. Disini, kita tidak hanya mendapatkan teman baru sesama penggemar Sheila On7 di Sumatera Utara, tetapi juga berbagi informasi tentang jadwal manggung SO7, pembelian merchandise resmi SO7, pendaftaran member resmi sheilagank, dan yang pasti saat SO7 manggung di Sumut, bisa berkesempatan untuk bertemu langsung dengan SO7.  Sheilagank Sumut juga memiliki jaringan luas dengan Sheilagank lain di seluruh Indonesia lho.
Grup FB : Sheilagank Sumut
Selain tiga komunitas di atas, masih banyak komunitas lain di Medan. Berikut beberapa komunitas yang penulis klasifikasikan dalam beberapa kelompok.
Komunitas bidang kepenulisan :
1.       Blogger Sumut  = @bloggersumut
2.       Kompak (Komunitas Penulis Anak kampus)
3.       Kaskus Medan
4.       Mata Kata
5.       Kontan (Komunitas Tanpa Nama)
6.       Kompensasi
7.       Koma
8.       LRS (Leutika Reading Sociality)
Komunitas pecinta travelling :
1.       Backpacker Medan
2.       Medan Petualang = Medan Petualang (grup FB)
3.       Jelajah = JELAJAH – acsu (grup FB)
4.       Couchsurfing Medan
Komunitas Fotographi
1.       Sendal Jepit Medan = Sendal Jepit (FB)
2.       Mata Kamera
3.       TPC  (Toba Fotographer Club)
4.       Medan Street Hunting
5.       Kutukupret
6.       Penggila Foto


Lain-lain
1.       Android Medan (Komunitas pengguna Android)
2.       Akademi Berbagi = @akbermedan (komunitas ini memiliki slogan “Berbagi bikin happy!”)
3.       Komunitas tangan di atas = @TDAmedan (ini komunitas yang hobi atau ingin berwirausaha)
4.       Hijabers Medan (Komunitas cewek-cewek pengguna hijab/jilbab)
5.       My Geisha Medan (Komunitas fans band Geisha)
6.       Kerabat Kotak Medan (Komunitas fans band Kotak)
7.       Medan Berkebun (Komunitas ini tidak hanya ada di Medan, tapi di kota-kota lain di Indonesia lho)

Nah tuh, banyak dan beragam kan komunitas di Medan?! (ini masih sebatas yang penulis ketahui saja lho). Tinggal pilih yang sesuai bakat, minat dan hobi kita saja.  Tinggal searching di FB dan twitter saja karena biasanya tiap komunitas memiliki akun grub/fb dan twitter. Tidak ada yang sesuai dengan minat kamu?? Gampang, kamu juga bisa buat komunitas sendiri dengan teman-teman yang sepaham. Buat komunitas anak motor (genk motor) juga tidak masalah kalau kamu memang hobi motor.  Tapi tunjukkan pada dunia bahwa komunitas genk motor yang kamu buat adalah genk motor yang positif. Genk motor yang cinta damai, taat rambu-rambu lalu lintas, bukan yang hobi merusak dan anarkis. Kalau masih sama dengan genk motor yang ada, mending nggak usah deh! Sudah tidak jamannya remaja brutal dianggap keren. Remaja berkreasi dan berprestasi, itu baru keren!
***
Kamar ke-7, Mei 2012

*penulis adalah anggota Koper Indie, Backpacker Medan, Sheilagank Sumut dan tinggal di Medan.
Email/fb/twitter : quelle_idee@ymail.com
Share on Google Plus

About nebula

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar

komentar yg membangun yach..

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com